Ini dia, tokoh yang mencetuskan nama Indonesia

Tuesday, April 15, 2014

kaskus on blogspot
#bcfda5




KepanjenFm.com Banyak yang tidak tahu siapa yang memberi nama negara ini, dan kenapa namanya Indonesia. Untuk itu, banyak yang menyarankan agar Indonesia dirubah saja namanya, kembali menjadi Nusantara. Apalagi, Indonesia sebagai negara dengan ragam suku dan bahasa yang melimpah. Lebih dari 500 dialek bahasa. Lalu, siapakah tokoh yang menemukan dan memberi nama Indonesia?

Orang yang pertama kali membuat kata Indonesia adalah seorang sarjana jebolan Edinburgh University bernama James Ricardson Logan, pertama kali ia menulis kata Indonesia, yang kala itu masih menggunakan kata "u" Indunesia dalam Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia pada tahun 1847 di Singapore.

Indo atau Indu berarti tanah India, sementara Nesia berasal dari bahasa Yunani "Nesos" yang artinya Pulau. Itu dikarenakan, Indonesia berisi pulau-pulau yang jumlahnya sangat banyak. Orang kedua yang menggunakan nama Indunesia dan akhirnya menggantinya dengan Indonesia, adalah seorang etnolog asal Inggris bernama George Samuel Windsor Earl.

Sangat mengejutkan memang, meskipun Indonesia merupakan negara yang kaya akan suku dan bahasa, tapi untuk nama Indonesia sendiri, justru di ciptakan oleh orang asing dan itupun dipadukan dari bahasa India dan Yunani. Lalu, siapakah orang Pribumi pertama yang menggunakan nama Indonesia? (baca juga : Orang Pribumi pertama yang memperkenalkan nama Indonesia). ()

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive