20 Negara Terbaik Untuk Wanita

Thursday, October 3, 2013

kaskus on blogspot


#bcfda5


[imagetag]



Menurut World Economic Forum, 85% persennegara di dunia telah mendorong kesejahteraan wanita selama enam tahunterakhir. Tetapi, perbaikan dalam bidang ekonomi dan politik masih harusmelalui jalan panjang.



Penelitian menemukan ketidaksetaraan antara priadan wanita terus berlanjut.

Berikut ini The Independent mengeksplorasisejumlah lokasi terbaik untuk wanita di abad ini:

1. Tempat terbaik untuk wanita: Islandia

Islandia memiliki persamaan hak antara priadan wanita yang paling setara, termasuk pendidikan, pekerjaan dan kesehatan.Yang terburuk adalah Yaman, dan yang paling berbahaya adalah Afghanistan.

2. Terbaik tempat untuk menjadi politikus:Rwanda

Rwanda adalah satu-satunya negara di manawanita menjadi mayoritas anggota parlemen. Perempuan memegang 45 dari 80 kursi.Negara-negara seperti Arab Saudi, Yaman, Qatar, Oman dan Belize, tidak memilikiwanita di parlemen.

3. Tempat terbaik untuk menjadi seorang ibu:Norwegia

Norwegia adalah tempat terbaik di dunia untukmenjadi seorang ibu, dengan risiko kematian ibu yang rendah-satu di 7.600. Yangterburuk adalah Afghanistan, di mana seorang wanita setidaknya 200 kali lebihmungkin meninggal saat melahirkan daripada terkena bom atau peluru.

4. Tempat terbaik untuk membaca dan menulis:Lesotho

Melek huruf pada kalangan wanita di Lesothojauh melebihi laki-laki, dengan 95 persen wanita dapat membaca dan menulis,dibandingkan dengan 83 persen pria. Negara terburuk adalah Ethiopia, di manahanya 18 persen wanita dapat membaca dan menulis, dibandingkan dengan 42 persenpria.

5. Terbaik tempat untuk menjadi kepala negara:Sri Lanka

Wanita telah memerintah Sri Lanka selama 23tahun. Sedangkan puluhan negara, termasuk Spanyol dan Swedia, tidak pernahmemiliki pemimpin wanita dalam pemerintahannya.

6. Tempat terbaik untuk menjadi seniman:Swedia

The Swedish Arts Council telah melakukaninisiatif untuk meningkatkan kesetaraan gender dalam seni. The Swedish FilmInstitute memberikan amanat bahwa hibah film yang didistribusikan harus merataantara pria dan wanita, serta harus ada bagian untuk wanita dalam produksifilm.

7. Tempat terbaik untuk menjadi atasan:Thailand

Thailand memiliki persentase terbesar untukjumlah wanita yang mengelola perusahaan (45 persen). Yang terendah adalahJepang, di mana hanya 8 persen dari posisi manajemen senior dipegang olehwanita.

8. Tempat terbaik untuk melahirkan: Yunani

Yunani adalah tempat yang paling aman untukmelahirkan, dengan satu di 1.800 risiko kematian saat melahirkan. Tempatterburuk untuk memiliki bayi adalah di negara terbaru di dunia, Sudan Selatan.Jumlah bidannya kurang dari 20 orang.

9. Tempat terbaik untuk berpartisipasi dalamekonomi: Bahama

Bahama memegang posisi teratas secara globaluntuk partisipasi ekonomi bagi perempuan. Negara ini pun telah menghancurkankesenjangan gender sebanyak 91 persen dalam enam tahun terakhir, sementaranegara peringkat terendah adalah Yaman.

10. Terbaik tempat untuk menjadi seorangjurnalis: Karibia

Karibia adalah wilayah dengan proporsitertinggi untuk berita TV, cetak dan radio yang dilaporkan oleh wanita (45persen). Wilayah terburuk adalah Afrika, dengan 30 persen dari beritadilaporkan oleh wanita. Eropa masuk di 35 persen. Di Inggris, sekitar 9 persendari editor koran nasional adalah wanita.

11. Tempat terbaik untuk hak memilih: Swedia

Swedia memungkinkan wanita untuk melakukanaborsi tanpa pembatasan selama 18 minggu pertama kehamilan dan tidak adapersyaratan atau persetujuan wajib apapun. El Salvador, Filipina, dan Nikaraguamerupakan tiga negara yang paling melarang aborsi. Wanita Inggris bisamelakukan aborsi sampai 24 minggu, namun dua dokter harus memberikanpersetujuan.

12. Tempat terbaik untuk buruh: Burundi

Burundi menempati urutan pertama untuk buruh.Tak hanya itu, Burundi juga satu-satunya negara di mana tingkat partisipasiburuh wanita (92 persen) lebih tinggi dibandingkan pria (88 persen). Negaraterburuk adalah Pakistan.

13. Tempat terbaik untuk mendapatkan uang:Luxembourg

Luksemburg berbagi posisi teratas denganNorwegia untuk penghasilan. Jika pendapatan maksimal $40.000, wanita dan prialebih mungkin untuk mendapatkan jumlah yang sama. Sementara penerimapenghasilan terendah adalah di Arab Saudi, di mana wanita mendapatkan $7.157sementara pria $36.727.

14. Tempat terbaik untuk belajar di universitas:Qatar

Negara terbaik untuk ini adalah Qatar,sementara negara terburuk adalah Chad, di mana tiga kali lebih banyak pria yangmendaftar perguruan tinggi ketimbang perempuan.

15. Tempat Terbaik untuk hidup lama: Jepang

Wanita di Jepang dapat berharap untuk hiduppanjang (87), mengalahkan pria dengan tujuh tahun lebih lama. Harapan hidupwanita terpendek adalah di Lesotho (48), tetapi hanya dua tahun lebih sedikitdaripada pria.

16. Tempat Terbaik untuk menjadi a lady ofleisure: Denmark

Wanita di Denmark memiliki lebih banyak waktuuntuk bersantai, menghabiskan hanya 57 menit setiap hari untuk pekerjaan yangtidak dibayar daripada pria. Wanita Meksiko memiliki waktu luang yang palingsulit, menghabiskan sekitar empat jam untuk pekerjaan yang tidak dibayardaripada pria.

17. Tempat terbaik untuk menjadi seorangatlet: Amerika Serikat

Lima dari 10 besar bayaran tertinggi atletolahraga wanita pada tahun 2011 berasal dari Amerika Serikat. Negara terburuk,Arab Saudi, tidak pernah mengirimkan atlet wanita ke Olimpiade dan wanitadilarang mengikuti pelajaran olahraga di sekolah-sekolah negeri.

18. Tempat terbaik untuk meninggalkan suamiAnda: Guam

Pulau Mikronesia di Guam memiliki tingkatperceraian tertinggi di dunia, dan Guatemala adalah yang terendah.

19. Tempat Terbaik bagi sopir wanita: India

New Delhi adalah tempat terbaik bagi wanitayang ingin menembus dunia yang didominasi penyetir pria, khususnya pengemuditaksi. Sebuah LSM di ibukota negara itu meluncurkan inisiatif untuk melatihperempuan dalam pelayanan radio taksi pertama, yang dijalankan hanya olehperempuan. Negara terburuk adalah Arab Saudi, satu-satunya negara di dunia yangmelarang perempuan untuk mengemudi.

20. Tempat terbaik untuk pekerjaanberketerampilan tinggi: Jamaika

Jamaika memiliki rasio tertinggi untuk pekerjaterampil wanita, seperti anggota legislatif, pejabat senior dan manajer. Hampir60 persen dari peran-peran tersebut diisi oleh perempuan. Yaman menjadi negaraterakhir untuk posisi ini.

Sumber


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive