Hebat, Prediksi Badai Bisa Menggunakan GPS

Friday, February 7, 2014

kaskus on blogspot
#bcfda5






KepanjenFm.com GPS biasanya digunakan sebagai penunjuk arah atau lokasi tempat, akan tetapi sekarang para ilmuwan tengah berusaha memenfaatkan fungsi GPS agar bisa dipakai juga untuk mendeteksi badai dan mengukur kecepatan angin dalam badai. Karena GPS bersifat dapat dipantulkan ketika menumbuk permukaan air sedangkan badai sendiri tersusun atas uap air. Tentunya bisa bila digunakan pada badai.

Ilmuwan yang akan mencoba Eksperimen ini bernama Stephen Katzberg dan ia bekerja sama dengan Langley Research Center, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) untuk mengembangkan eksperimen ini serta untuk dapat mengukur kecepatan angin saat badai. Ternyata ini bukan hal yang pertama dilakukan oleh Stephen, dia pernah melakukan percobaan pengukuran menggunakan pesawat. 



Hasilnya sungguh mencengangkan, menunjukkan bahwa GPS mampu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Stephen. Stephen mengatakan sekarang ini sudah 60 persen yang dipantulkan ke udara. Karakteristik GPS sama dengan Permukaan air yang bergelombang. Menurutnya " Gelombang radio memantul dari permukaan yang bergelombang. Semakin kacau permukaan, pantulannya juga akan semakin kacau dan itulah yang akan kita ukur ". Wah hebat, GPS juga bisa dimulti fungsikan juga ya kegunaannya. Selain untuk lokasi bisa untuk mengukur kecepatan angin dan badai. Tanpa mengeluarkan banyak dana.

 


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive