Tips Bagi Remaja Agar Dapat Menghindari Kurangnya Waktu Tidur

Thursday, February 20, 2014

kaskus on blogspot
#bcfda5






KepanjenFm.com Tidur merupakan salah satu bagian krusial atau paling penting dalam kelangsungan hidup manusia. Tubuh secara alamiah membutuhkan waktu untuk beristirahat sama seperti membutuhkan makan, minum dan bernafas. Banyak penelitian secara konsisten telah menunjukkan bahwa tidur memainkan peran penting dalam mempromosikan kesehatan fisik, umur panjang dan kesejahteraan emosional.

Sering sekali kita mengerjakan tugas sampai larut malam padahal paginya harus bangun pagi agar tidak telat berangkat sekolah atau kuliah, akibatnya kita jadi kurang tidur, padahal remaja itu membutuhkan sekitar 6 sampai 8 jam waktu tidur setiap malamnya.  Masalah ini jelas dapat menyebabkan konsentrasi anda berkurang, meningkatkan kemungkinan sakit dan bahkan harus opname di rumah sakit.

Berikut ini ada tips-tips agar anda tidak kurang tidur :

1. Olahraga

Apakah anda sering melihat anak kecil yang dengan riang gembira bermain pada siang hari? Jika iya, amatilah anak kecil itu pada malam harinya tentu saja anak tersebut langsung bisa tidur nyenyak. Berhubung kita sudah bukan anak kecil lagi yang senang berlari-larian kesana kemari maka kita bisa menggantinya dengan berolahraga selama 30-60 menit sehari atau beraktivitas fisik lain seperti bersepeda atau mungkin membersihkan rumah. Aktivitas seperti ini bisa menurunkan kadar stress dalam otak, sehingga otak dan tubuh anda menjadi rileks.

2. Hindari Rokok dan Obat-Obatan

Banyak yang mengira rokok atau obat-obatan dapat membantu merileksasikan tubuh, namun pada kenyataannya malah membuat anda terbangun tengah malam.

3. Lupakan Sementara Ponselmu

Para ahli mengatakan bahwa telepon seluler atau handphone adalah masalah utama penyebab susah tidur pada remaja. Sebagian besar remaja saat ini sangat reflex dengan bunyi HP, maka senyenyak apapun mereka tidur jika HP berbunyi mereka akan terbangun.

4. Buat Jadwal Tidur

Kuncinya adalah disiplin, jika anda tidur di jam yang sama setiap hari misalnya pukul 10 malam harus tidur, maka tubuh kita akan lebih rileks. Agar tidur lebih nyenyak, boleh saja sebelum tidur anda membaca buku atau mendengarkan musik terlebih dahulu.

5. Berfikir Positif

Lupakan sejenak besok anda akan bertemu dosen killer, atau si doi yang belum sms hari ini. Jika sebelum tidur anda memikirkan hal-hal tersebut, bukan hal baik yang akan anda dapat, malah anda bisa sakit dan urusan menjadi runyam karena di kelas pasti anda akan mengantuk dan bahkan tertidur apabila malam ini kurang tidur. Cobalah untuk rileks dan berdoa. Intinya adalah dengan tidur cukup akan membantu anda menjadi lebih fresh, berprestasi dan akan membuat anda makin terlihat cool.




SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive