Fakta-fakta Seputar Hipertensi

Monday, November 18, 2013

kaskus on blogspot


#bcfda5


[imagetag]

Tekanan darah tinggi (hipertensi) bisa dialamisetiap orang. Sebagian orang malah terindikasi memiliki kecenderungan mudahmengalami tekanan darah tinggi. Kemunculannya bisa karena faktor genetik,penyakit, hingga gaya hidup tidak sehat.

Dulu, hipertensi dianggap hanya menyerang paralansia. Namun, zaman modern, orang berusia muda pun banyak yang didapatimenderita hipertensi. Oleh karena itu, jika sedari muda tidak mengindahkan polahidup sehat, berbagai penyakit bisa menyerang. Misalnya sakit jantung ataustroke. Bahayanya, kondisi seseorang yang sering mengalami hipertensi, risikoterkena penyakit tersebut cukup tinggi.

Untuk lebih mengenal hipertensi, coba simakberbagai fakta tentang tekanan darah tinggi beikut ini:

Kalau tekanan darah terlalu tinggi, makaarteri dan jantung bisa rusak.

Zaman sekarang, hipertensi rata-ratamenghinggapi orang yang berusia 30-an tahun. Kebanyakan lebih menyerang priadibanding wanita.

Survey dari Lloyds Pharmacy menyebutkan, 35persen orang berusia 16-34 tahun memiliki keluhan hipertensi. Bahkan, satu dari20 orang punya hipertensi parah. Penyebab utama parahnya hipertensi diketahuikarena diet yang salah dan alkohol.

Kegemukan, alkohol, makan berlebihan, banyakmakan yang mengandung garam, sedikit mengonsumsi buah dan sayur, dan

jarang bergerak adalah kebiasaan buruk yangmemicu hipertensi.

Hipertensi menjadi pemicu utama stroke,serangan jantung, gagal jantung, dan sakit ginjal. Dan, semua itu terjadisecara laten atau tidak diketahui kapan datangnya (silent killer).

Gaya hidup yang dilakukan saat ini memengaruhitekanan darah beberapa tahun ke depan. Kalau seseorang terbiasa dengan hidupserba santai dan rutin dengan makanan berlemak tinggi, risiko penyakitkardiovaskular akan dirasakan di masa depannya.

Hipetensi dapat menyebabkan disfungsi ereksi.

Sebaiknya, memeriksakan tekanan darah secararutin dilakukan semenjak usia 20 tahun sebagai upaya preventif.

Makanan olahan

dan junk food adalah makanan kurang sehat yang memengaruhi tekanan darahmenjadi lebih tinggi. Lemak trans dalam makanan akan mengerak di pembuluhdarah.

Selain makanan, marah pun akan menaikkantekanan darah. Apalagi, jika kemarahan itu dipendam dalam hati.

Hindari stres berlebihan, frustrasi, ataudepresi untuk mencegah hipertensi.

Sumber


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive