Enaknya... Anak Sekolah Di China Dapat Jam Tidur Siang

Saturday, February 1, 2014

kaskus on blogspot






KepanjenFm.com Saat sedang bersekolah, ada saatnya kita selalu merasa bosan dan jenuh. Karena itulah kita kadang terasa ngantuk, tapi kalau ketiduran pasti akan kena marah guru. Namun fenomena yang berbeda terjadi di China.

Di negeri tirai bambu ini, para siswa sekolahnya malah diperbolehkan untuk tidur siang di kelas. Anak-anak tersebut akan tidur di bangku masing-masing atau dapat di meja. Beberapa malah terlihat diperbolehkan membawa selimut atau bantal dari rumah. Bagaimana bisa sebuah sekolah mengijinkan para muridnya untuk tidur di sekolah?

Goxin Number 1 Primary School yang ada di daerah Xi'an ini memang memberikan kebijakan pada para murid agar bisa tidur siang di sekolah. Hal ini karena sekolah tersebut terlalu kecil untuk dibangun sebuah gedung asrama, sedangkan kebanyakan murid yang masih kecil tinggal jauh dari orang tua mereka.

Apabila anak-anak ini diperbolehkan pulang untuk makan siang, maka akan membuat mereka lebih lelah dan terlambat masuk sekolah. Oleh karena itu anak-anak diperbolehkan tidur siang di sekolah. Meski demikian, kebiasaan ini nampak aneh, namun sepertinya anak-anak tersebut sangat menikmati adanya kebijakan tidur siang.

#bcfda5




Terbukti dari foto berikut yang memperlihatkan bagaimana anak-anak ini tidur dengan pulas dan dalam posisi yang sudah teratur. Tradisi tidur siang di sekolah ini sampai diberi nama Wujio dan sudah diterapkan di beberaa sekolah di China dan Taiwan.

Unik juga ya cara sekolah ini. Pada usia anak-anak, memang seringkali dibutuhkan jam istirahat yang cukup, karena mereka tergolong masih mengalami masa pertumbuhan secara fisik dan psikologis. Tapi, kalau hal seperti ini diterapkan di Indonesia, bagaimana menurut anda pembaca setia KepanjenFm?




SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive