Kacamata Versus Lensa Kontak

Thursday, February 13, 2014

kaskus on blogspot
#bcfda5






Bagi Anda yang mempunyai mata dengan kemampuan sudah menurun, Anda biasanya menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk membantu penglihatan mata Anda. Diantara keduanya, manakah yang anda pilih? Orangorang yang sudah lanjut usia, biasanya lebih memilih untuk menggunakan kacamata. Sementara anak muda usia remaja lebih menyukai memakai lensa kontak untuk alasan trendy dan mempercantik tampilan mata. Dari keduanya, manakah yang lebih baik jika ditinjau dari segi kesehatan? Simak ulasan berikut ini.



Menghalangi pandangan atau tidak

Kacamata memang relatif menghalangi pandangan Anda. Karena kacamata terdiri dari kaca yang berbingkai. Sementara lensa kontak akan membuat Anda lebih leluasa dalam memandang. Lensa kontak tidak akan menghalangi pandangan Mata Anda. Namun, lensa kontak mempunyai resiko kesehatan lebih besar. Sebab, lensa kontak menempel langsung pada bola mata.



Kemampuan melindungi mata dari cahaya langsung

Inilah salah satu kelebihan kacamata. Kacamata akan melindungi mata Anda dari cahaya langsung. Jika Anda sering bekerja di depan komputer atau laptop, kacamata merupakan pilihan yang tepat. Sebab kacamata akan melindungi mata Anda dari cahaya komputer. Sedangkan lensa kontak tidak mempunyai kemampuan ini. Malah, lensa kontak akan semakin membuat mata Anda kering jika dipakai melihat layar komputer terlalu lama.



Membuat mata kering

Ini merupakan kelemahan jika Anda menggunakan lensa kontak. mata Anda akan mudah kering. Terutama jika Anda menggunakan lensa kontak untuk waktu yang lama. Mata Anda akan semakin kering.



Pilihan untuk bepergian

Kacamata dan lensa kontak samasama mempunyai kelebihan dan kelemahan yang imbang. Kacamata kurang efektif digunakan jika Anda bepergian ke tempat yang basah ataupun berkabut. Tentu tidak akan praktis jika kacamata Anda basah dalam bepergian. Namun kacamata dapat melindungi mata Anda dari debu. Selain itu, kacamata juga relatif lebih mudah disimpan. Sementara untuk lensa kontak, lebih tepat digunakan jika Anda bepergian ke tempat yang basah maupun berkabut. Namun untuk tempat berdebu, bukan pilihan yang tepat menggunakan lensa kontak. Dari segi penyimpanan, lensa kontak membutuhkan penyimpanan yang lebih ribet.



Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang Anda peroleh jika anda menggunakan kacamata maupun lensa kontak. Masingmasing mempunyai kelebihan dan kelemahan tersendiri. Untuk keefektifan, tergantung pemakainya sendiri.




SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive