Rahasia Di Balik Mata Selalu Tertutup Saat Bersin

Saturday, February 1, 2014

kaskus on blogspot


#bcfda5










KepanjenFm.com - Siapa diantara kalian yang bersin dengan mata terbuka? Rasanya hampir tidak ada manusia yang mampu bersin dengan mata terbuka. Mungkin sebagian dari kalian menyadari hal ini.Namun beberapa juga tidak menyadari aktivitas yang berjalan sangat cepat tersebut. Untuk itu, perlulah kita tahu mengapa saat bersin mata selalu dalam keadaan tertutup dengan sendirinya ( atau secara refleks, tanpa diperintah).



Bersin merupakan salah satu aktivitas tubuh yang sangat penting. Sebab, bersin adalah usaha tubuh untuk mengeluarkan zatzat yang tidak berguna pada faring dan cenderung berfungsi untuk membersihkan faring. Faring merupakan salah satu organ pernapasan yakni sebuah rongga yang terletak  antara hidung, mulut dan batang tenggorokan.



Bersin memang terjadi sangat singkat dan sederhana. Namun bersin merupakan kefiatan tubuh yang cukup kompleks mekanismenya. Bersin akan terjadi ketika mukosa hidung teriritasi. Rangsangan inilah yang akan memerintahkan untuk melakukan refleks berupa bersin.



Ketika Anda bersin, maka akan terjadi sebuah tekanan yang terkonsentrasi pada mata. Hal ini karena saluran hidung berhubungan dengan mata. Tekanan tersebut akan membuat mata merasa tidak nyaman. Sehingga secara refleks, mata akan menutup ketika terjadi bersin. Hal ini dilakukan sebagai sebuah bentuk perlindungan pada mata. Tertutupnya mata terjadi secara refleks, tanpa disadari dan tidak bisa diatur maupun dikontrol.


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive