Fantastik! Mangkok Kecil Dari Dinasti Ming Ini Terjual Rp. 407 Miliar

Wednesday, April 23, 2014

kaskus on blogspot






KepanjenFm.com Dalam sebuah lelang di rumah lelang Sotheby yang dilaksanakan pada beberapa hari lalu, ada sebuah mangkuk yang berhasil terjual dengan harga fantastik, yakni sekitar US$36,05 juta atau setara Rp407 miliar. Pembeli yang rela menghabiskan uangnya untuk mangkuk tersebut adalah kolektor seni dari Shanghai, bernama Liu Yiqian.

Sebelumnya, rekor di rumah lelang ini sebesar US$32,4 juta atau sekitar Rp366 miliar untuk barang yang sama sekitar tahun 2010 lalu. Mangkuk tersebut berukuran cukup kecil dengan hiasan gambar ayam di sekelilinya, yang biasanya digunakan untuk menuangkan minuman.

#bcfda5




Mangkuk yang diperkirakan berumur lebih dari 500 tahun itu, adalah satu dari 17 koleksi yang tersebar di seluruh dunia, dan sebagian besar terdapat di ruang museum. Dekorasi mangkuk tersebut menampilkan gambar dua ayam jantan dan seekor ayam yang sedang merawat anak-anaknya.

Ceritanya, pada zaman kekaisaran Ming, mangkuk tersebut selalu dicari oleh kaisar. Dan pada abad ke 17, disebut-sebut sebagai objek paling mahal yang dibeli dengan uang berharga.

Liu sendiri merupakan salah satu miliarder kaya di daratan China, kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai US$900 juta. Ia terkenal sebagai orang yang tidak peduli dengan uang, asalkan koleksi yang ia inginkan bisa didapatkannya.

Liu percaya, jika suatu saat harga mangkuk tersebut bisa lebih mahal lagi, mengingat mangkuk tersebut tidak pernah rusak dan terawat dengan baik hingga kini.

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive