Ajaib.....Isi Pensil Lebih Mahal Dari Berlian

Sunday, April 13, 2014

kaskus on blogspot
KepanjenFm.com -

#bcfda5




Berlian dan Grafit tidak ada lagi yang meragukan kekuatannya. Berlian memang mahal karena berlian sendiri terbentuk dengan cara yang unik ditempat yang sangat dalam. Berlian sendiri terbentuk berada di kedalaman kurang lebih 150 kilometer dan dengan tekanan berkisar 5 giga pascal dan dengan suhu 1.200 derajat celcius. Ini membuatnya menjadi benda yang sangat keras. Bayangkan jika manusia berada di tempat itu mungkin sudah hancur. Diamond atau biasa disebut berlian berasal dari bahasa Yunani adamas yaitu artinya "tak bisa dihancurkan". Grafit adalah karbon yang sangat mudah terbakar dan mudah hancur saat terkena tekanan.

Dua Ilmuwan Andre Geim dan Konstantin Novoselov, berhasil meraih nobel pada tahun 2010. Apa yang membuat mereka meraih nobel tersebut? mari kita telusuri...

Pernahkah anda mengira, bahan isi pensil menjadi pemicu munculnya sebuah revolusi. Namun dengan mengupas dan mengisolasi grafit isi pensil menjadi lapisan atom tebal yang menggunakan pita perekat atau selotip biasa. Karena inilah mereka mendapatkan nobel itu.

Penemuan mereka yang mengarahkan pada penemuan sebuah mateial ajaib,yang berada pada abad ke-21 grafena. Grafena adalah suatu serat karbon yang hanya tersusun dari satu lapis aton karbon yang tersusun dalam kisi sarang lebah.

Grafena mempunyai kekuatan yang sangat super kuat yaitu 20 kali lebih kuat daripada berlian,200 kali lebih kuat dari baja tapi grafena 6 kali lebih ringan. Grafena juga bersifat sangat konduktif baik untuk menghantarkan listrik dan panas. Ada lagi yang mengagumkan dari grafena yaitu nyaris transparan, kedap terhadap gas dan mudah diubah.

Grafena merupakan salah satu bentuk alotrop karbon, dasar dari semua kehidupan di Bumi. Alotrop karbon yang lebih dikenal termasuk berlian dan grafit. Grafena uniknya adalah ketipisannya yang hanya mempunyai ketebalan hanya 1 atom saja dan diperkirakan sebagai bahan semikonduktor tertipis didunia.

Grafena bahkan disebut sebagai masa deoan kondom. Bill dan Melinda Gates Foundation tahun lalu memberikan hibah U$ 100.000 untuk mendanai pengembangan untuk alat kontrasepsi berbahankan grafena.


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive