Astaga! Di Mata kanan Bocah Ini Ada Seekor Belatung Besar

Friday, April 25, 2014

kaskus on blogspot
#bcfda5






KepanjenFm.com Jangan pernah sepelekan mata bengkak yang memerah. Bisa jadi apa yang sedang terjadi pada mata tersebut adalah sesuatu yang sangat mengerikan seperti yang dialami oleh seorang bocah berusia lima tahun asal Honduras ini.

Tak disangka sebelumnya, di mata kanannya yang bengkak tersebut ternyata ada seekor belatung besar. Setelah dilakukan operasi, tim dokter berhasil mengeluarkan seekor belatung berukuran sekitar 18-24 mm dari mata bocah naas tersebut.

Bocah yang disebutkan namanya itu harus menjalani operasi akibat larva botfly yang hidup di mata kanannya. Dalam Archives of Ophthalmology, jurnal American Medical Association, menyebut kasus bocah ini adalah akibat larva terletak di orbit anterior. Untuk itu, Ahli Bedah U.S. Air Force mengoperasi bocah itu. Larva itu dengan lembut dikeluarkan di bawah anastesi umum melalui sayatan kecil di konjungtiva.

Dermatobia hominis adalah spesies botfly yang bisa jadi parasit pada tubuh manusia. Botfly bisa menggunakan hingga 40 spesies berbeda meliputi nyamuk dan serangga lainnya untuk menginfeksi manusia. Menurut Ahli Entomologi, botfly dapat bertelur di tubuh serangga lain yang kemudian memindahkan telur ke hewan atau manusia melalui kontak secara langsung. Ketika nyamuk menggigit manusia, telur jatuh ke kulit. Panas tubuh kemudian menyebabkan telur menetas dan dengan cepat bersembunyi di bawah kulit melalui lubang gigitan. Menyeramkan ya?

Setelah 8 minggu ke depan, larva akan berkembang. Dan setelah tumbuh cukup besar, larva baru bisa keluar dari kulit dan jatuh ke tanah di mana mereka menjadi kepompong sekitar satu minggu. Menurut sebuah penelitian epidemiologi yang dilakukan pada tahun 2000 lalu, sebagian besar kasus myiasis atau istilah medis untuk belatung yang hidup di tubuh yang terjadi di AS merupakan hasil dari lalat bertelur yang biasanya di luka yang sudah ada.

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive