Heboh! Penemuan Fosil Udang Prasejarah

Saturday, April 12, 2014

kaskus on blogspot






KepanjenFm.com Baru-baru ini ahli paleontologi dari Amerika Serikat, Inggris dan China telah menemukan fosil dengan panjang 3 inch, fosil hewan ini diduga seperti udang prasejarah dengan sistem kardiovaskular yang paling awal diketahui.

Fosil yang ditemukan di provinsi Yunnan, China tersebut diberi nama Fuxianhuia protensa, yaitu arthropoda punah yang hidup sekitar 520 juta tahun yang lalu sepanjang periode Kambrium.

Menurut Prof Nicholas Strausfeld dari University of Arizona, yang juga merupakan seorang penulis senior dari makalah Jurnal Nature Communication menjelaskan, ini adalah sistem vaskular pertama diawetkan yang ia dan team ketahui. Sebelumnya, ia juga pernah membantu mengidentifikasi otak fosil tertua dikenal dalam spesimen yang berbeda Fuxianhuia protensa.

Bahkan, sistem vaskular dari Fuxianhuia protensa lebih kompleks daripada apa yang ditemukan di banyak krustasea modern lainnya di seluruh dunia.

Fuxianhuia protensa cukup melimpah, namun hanya sangat sedikit spesimen yang memberikan bukti sebagian kecil dari sistem organ mereka, apalagi untuk berbicara tentang sistem organ secara keseluruhan. Binatang tersebut sepertinya terlihat sederhana, namun organisasi internalnya cukup rumit untuk dipelajari. Sebagai contoh, otak mereka menerima banyak arteri, pola yang muncul sangat banyak seperti krustasea modern.

Fosil Udang Prasejarah yang diperkirakan berusia 520 juta tahun ini memiliki sebuah rekonstruksi skema Fuxianhuia protensa, yang menguraikan sistem kardiovaskular dalam warna merah, otak dan sistem saraf pusat dengan warna biru dan usus hijau seperti pada gambar di bawah.

#bcfda5




Prof Strausfeld juga menambahkan, selama evolusi, segmen tertentu dari tubuh hewan ini 'menjadi khusus' untuk hal-hal tertentu, sementara yang lainnya menjadi tidak terlalu penting, dengan demikian, bagian-bagian tertentu dari sistem vaskular menjadi kurang rumit.

Selain beberapa organ penting seperti jantung dan pembuluh darah yang ikut diawetkan, fosil Fuxianhuia protensa juga memiliki fitur mata, antena dan morfologi eksternal dari hewan.

Masih banyak lagi penelitian yang akan dilakukan Prof Strausfeld beserta teamnya. Semoga saja penelitian ini akan membuahkan hasil yang baik bagi pengetahuan seluruh umat di dunia.

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive