Awas! 4 Ancaman Kesehatan Karena Terlalu Banyak Tidur

Wednesday, December 18, 2013

kaskus on blogspot
#bcfda5






KepanjenFm.com Bila hari libur sudah tiba, tidak sedikit orang yang memanfaatkan waktunya untuk bermalas-malasan atau dibuat tidur seharian. Hati-hati, karena ternyata, tidur berlebihan memiliki dampak yang sangat buruk terhadap kesehatan anda.

Berikut ini efek yang dapat ditimbulkan ketika seseorang tidur terlalu lama, yaitu :

Tidak hanya tubuh namun juga tidur yang melebihi jam tidur normal akan mempengaruhi pikiran seseorang.

1. Memori Menurun

Menurut penelitian, tidur yang berlebihan dapat membuat memori otak manusia menurun hingga 15 persen.

2. Memperluas Ukuran Pinggang

Menurut Siobhan Banks, Ph,.D, seorang Asisten Profesor Psikiatri dari University of Pennsylvania, tidur yang berlebihan meningkatkan resiko obesitas atau penggemukan badan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan tidur yang berlebihan dapat mempengaruhi metabolisme, meningkatkan resiko obesitas dan diabetes tipe 2. Sedangkan, sebuah penelitian di Kanada pada tahun 2007 lalu menemukan, orang-orang yang tidur lima atau enam jam meningkatkan kemungkinan untuk kelebihan berat badan 69 persen, dibandingkan dengan mereka yang biasa tidur tujuh atau delapan jam. Tidur yang kurang atau berlebihan sama-sama memiliki resiko, jadi istirahatlah secukupnya.

3. Mudah Sakit

Para peneliti dari Universitas Chicago mengatakan, antibodi pada orang yang kurang atau kelebihan jam tidurnya dan membuat tubuhnya 50 persen lebih lemah daripada orang-orang yang cukup beristirahat. Para peneliti Harvard juga menemukan bahwa kadar protein C menjadi reaktif dan ini penanda resiko penyakit jantung.

4. Resiko Terkena Kanker

Selama tidur, tubuh akan memproduksi melatonin, hormon yang membantu mengatur siklus tidur anda. Menganggu jam tidur dapat mempengaruhi sintesis melantonin dan itu dapat menjadi masalah. Pada tahun 2007 Universitas of Texas melakukan penelitian yang menyimpulkan tidak hanya melantonin yang merupakan detoksifikasi berbahaya yang meningkat tetapi juga penyebab kanker ikut meningkat.

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive