Wajib Disimak !!! Tips Cerdas Mengatur Keuangan Ala Anak Kos

Tuesday, April 29, 2014

kaskus on blogspot
KepanjenF

#bcfda5




m.com Salah satu masalah yang cukup meribetkan bagi anak kos adalah masalah keuangan. Baik yang pada kondisi  keuangan yang lebih dari cukup maupun memang yang benar-benar cukup atau yang kurang dari cukup. Bila kamu sebagai anak kos tidak bisa mengatur keuangan dengan baik dan cendrung bersifat boros, tentu kamu akan mengalami kekurangan pada akhir bulan bahkan bisa jadi pengeluaran kamu lebih besar dari pendapatan.



    Nah, agar masalah-masalah tersebut bisa di atasi, ini caranya

1. Pada awal bulan, ketika kamu mendapatkan uang kiriman dari orangtua yang harus kamu lakukan pertama kali adalah memisahkan uang tersebut menjadi beberapa pos yang dibutuhkan, misalnya pos untuk menabung,pos untuk Sodaqoh,  pos untuk membeli  kebutuhan seperti pulsa, membeli perlengkapan mandi selama sebulan, pos untuk jatah makan selama sebulan, dan untuk have fun. 



2. Menabung 

Kadang kala menabung adalah hal yang sangat sulit dilakukan terutama bagi para anak kos. Padahal hal tersebut sangat mudah jika kamu sedikit memaksakan. Menabung bukanlah dengan uang sisa sebulan, tetapi dengan uang yang memang dipisahkan untuk menabung. Dari uang yang kamu dapatkan sebaiknya langsung dipisahkan untuk segera ditabungkan.Menabung bisa di rekening bank yang terdekat dengan tempat kos atau kampus, bisa juga di celengan, atau dengan menggunakan jenis tabungan di Bank, yang secara otomatis pada tanggal tertentu uang akan terdebet sejumlah perjanjian di awal. 



3. Sodaqoh

Sodaqoh adalah hal wajib yang harus kita lakukan, karena dengan bersodaqoh uang yang kita miliki akan dilipatkangandakan dan urusan kita dimudahkan. Apabila kamu merasa uang yang kamu miliki pas-pasan, maka sodaqoh pun tidak harus dipaksakan dengan nominal yang banyak, berapa pun tidak jadi masalah yang penting ikhlas dan sebaiknya istiqomah. 



4. Membili kebutuhan wajib

Kebutuhan wajib bagi anak kos biasanya berupa pulsa, dan membeli keperluan mandi. Hal tersebut bisa kamu penuhi pada awal bulan, berapa jatah yang harus di keluarkan untuk pulsa dan kebutuhan wajib lainnya. 



5. Jatah Makan Sebulan

Makan adalah kebutuhan pokok manusia, kamu sebagai anak kos tidak perlu makan di tempat mewah setiap hari, banyak warung makan yang menjual makanan dengan harga standar untuk anak kos. Atau memasak sendiri bisa dijadikan alternativ yang lebih baik dan hemat tentunya.



6. Have Fun

Setelah semua pengeluaran wajib sudah kamu pisahkan, selanjutnya sisanya bisa digunakan untuk have fun, have fun disini maksudnya adalah untuk hang out bersama teman-teman yang biasa dilakukan oleh para anak kos. Namun ingat pengeluaran untuk hang out tidak perlu banyak-banyak, yang penting bisa menjadi sesuatu yang kamu anggap sebagai refreshing. Toh refreshing pun tidak harus mahal, kamu bisa mengunjungi CFD (Car Free Day) yang biasanya diadakan di hari Minggu atau hal-hal lain yang tidak membutuhkan pengeluaran uang yang banyak. 


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive