Ahli motor listrik Jepang ini, ternyata orang Indonesia

Tuesday, April 15, 2014

kaskus on blogspot
#bcfda5




KepanjenFm.com Siapa sangka jika teknokrat andalan negara Jepang untuk mengembangkan Industri motor listrik yang konon akan menjadi moda transportasi masa depan ini adalah orang Indonesia. Mobil listrik dinilai lebih efisien dibanding BBM (Bahan bakar Minyak) yang mahal dan jumlahnya kian tahun kian terbatas tersebut. Siapakah anak bangsa yang menjadi arsitek ulung dalam perancangan moto listrik di Jepang ini?

Dialah Ricky Elson, anak muda berusia 33 tahun kelahiran Padang Sumatera barat 11 Juni 1980. Di jepang, Ricky Elson telah mematenkan 14 teori yang diciptakannya tentang motor listrik. Hanya saja, hak patennya tersebut tercatat dalam Hak kekayaan intelektual di Jepang.

Ricky Elson adalah lulusan SMAN 5 Padang yang sudah berkarir di jepang selama 14 tahun dan telah dikontrak oleh NIDEC Coorporation, Kyoto, Minamiku-Kuzetonoshirocho388, Japan dan duduk sebagai Kepala Divisi Litbang Teknologi permanen magnet motor dan generator.

Karena kejeniusannya itulah, ia diajak menteri BUMN Dahlan Iskan untuk mengembangkan Mobil Listrik. Dahlan Iskan berharap, Ricky Elson bisa berkarya untuk masa depan bangsanya, apalagi Indonesia merupakan negara yang setiap tahunnya menghabiskan anggaran belanja yang besar untuk impor BBM. Jika ada mobil listrik, maka bisa mengurangi beban nasional.

Dari kerjasama tersebut, ia berhasil menciptakan Mobil Listrik Nasional yang diberi nama Selo dan Gendhis. Termasuk Mobil Listrik go green yang digunakan Dahlan Iskan sebagai kendaraan pribadi selama ini. Mobil Listrik Nasional karya anak bangsa tersebut dipamerkan dalam KTT APEC pada Oktober 2013 di Denpasar Bali.

Sayangnya, infrastruktur serta rumitnya sistem administratif untuk memproduksi massal mobil listrik nasional ini, membuat cita-cita untuk membangun industri mobil listrik nasional pun jadi pupus. Kini, Ricky telah kembali ke Jepang dan fokus bekerja disana. Semoga saja, pemimpin yang baru nanti bisa memberikan ruang bagi anak bangsa yang jenius seperti Ricky Elson ini. ()


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive