Awas! 26 tahun lagi 2.000 pulau di Indonesia akan tenggelam

Saturday, March 29, 2014

kaskus on blogspot
#bcfda5




KepanjenFm.com Saat ini, bumi tengah dalam bahaya, peningkatan suhu bumi menyebabkan lapisan es di kutub meleleh dan mengancam pulau-pulau kecil di sekitarnya. Indonesia termasuk negara kepulauan yang patut waspada. Bahkan, peneliti senior dari Center for International Foresty Research (CIFOR) memperkirakan, sekitar 2.000 pulau di Indonesia akan tenggelam pada tahun 2040.

Lebih lanjut, CIFOR menjelaskan jika pemanasan global lah yang menyebabkan suhu bumi meningkat. Pemanasan global adalah kejadian terperangkapnya radiasi gelombang panjang matahari atau inframerah yang dipancarkan bumi gas hasil efek rumah kaca. Efek rumah kaca menyebabkan panas terperangkan dan tak bisa menyebar. Gas-gas ini secara alami terdapat di atmosfer.

Penipisan lapisan ozon menyebabkan suhu bumi meningkat. Hal ini bisa menyebabkan radiasi gelombang pendek termasuk ultraviolet semakin leluasa memasuki bumi. Jika tidak ditanggulangi sejak dini, bisa mengancam keselamatan umat manusia, terutama negara-negara kepulauan semisal Indonesia.

Salah satu penyumbang terbesar meningkatnya suhu bumi adalah rusaknya hutan. Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi paru-paru dunia. Sehingga, kerusakan hutan yang terjadi di Indonesia juga akan berdampak serius bagi negara-negara lainnya. Untuk itu, mari kita bersama-sama menjaga lingkungan hidup kita. []


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive