'Sammar Hassan', Foto Yang Menimbulkan Kontroversi Sepanjang Sejarah

Sunday, March 30, 2014

kaskus on blogspot
#bcfda5






KepanjenFm.com Ada ungkapan mengatakan bahwa foto dapat menceritakan seribu makna yang tak terucapkan. Barangkali ungkapan ini memang benar. Maka tak jarang di momen-momen tertentu, orang suka mengabadikannya melalui jepretan kamera.

Tetapi tahukah anda? beberapa hasil foto yang terekam kamera menjadi foto-foto yang dianggap kontroversial sepanjang sejarah? Kontroversial di sini artinya adalah yang memunculkan berbagai perdebatan masyarakat. Salah satunya adalah foto di atas.

Chris Hondros adalah seorang nominator American Pulitzer Prize, sebuah penghargaan bergengsi internasional. Ia adalah fotografer perang yang pergi ke Irak di tahun 2005 untuk mengabadikan perang yang terjadi di sana.

Pada 18 Januari 2005, Hondros sedang berada di Tal Afar saat ia menjadi saksi mata sebuah mobil yang dihentikan mendadak oleh tentara Amerka. Tentara itu menarik paksa keluarga yang ada di dalam mobil. Hondros secara tak sengaja mengabadikan foto Sammar Hassan, salah seorang anak yang berada di dalam mobil, yang dengan naasnya terciprat darah orang tua yang dibunuh oleh tentara tersebut.

Foto ini menjadi perbincangan karena banyak orang menganggap ini sebagai ikon perang Irak. Sayangnya, pada tahun 2011 sang fotografer meninggal karena terbunuh saat bertugas meliput perang sipil di Libya.

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive