Indonesia Berduka, Ki Dalang Asep Sunarya Sunandar Meninggal Dunia

Monday, March 31, 2014

kaskus on blogspot


#bcfda5




 

KepanjenFm.com Indonesia harus kembali berduka karena kehilangan orang yang sangat berpengaruh dalam melestarikan seni daerah. Beliau adalah Kang Asep Sunarya Sunandar, yang sangat terkenal dengan aksi goleknya apalagi dengan tokoh utama si cepot. Berita duka ini disampaikan langsung oleh Djajang sang sekertaris pribadi Kang Asep. Djajang menyatakan bahwa Dalang kondang ini meninggal karena sakit jantung saat dirawat di Rumah Sakit Al Ihsan Baleendah Bandung.

Sedikit flashback tentang masa lalu kang Asep. Beliau memang memiliki darah seni dari ayahnya, tak heran saat masih berusia 7 tahun atau kira-kira kelas 1 SD minat Asep terhadap wayang golek sudah tumbuh. Saat masa kecil inilah kang Asep belajar wayang menggunakan media yang sangat sederhana antara lain ranting pohon yang jatuh, daun singkong serta tanah liat. Perlu diketahui memang saat zaman itu wayang golek menjadi primadona hiburan dan belum ada saingannya.

Kiprah Kang Asep dewasa juga patut diacungi jempol, dalam kurung waktu 1975 sampai sekarang beliau bisa menggelar 120 kali pertunjukkan setahun. Hebatnya lagi pada tahun 1987 kang Asep berhasil mengadakan pertunjukkan selama 6 bulan berturut-turut. Nama bapak wayang golek memang cocok disematkan pada dalang yang satu ini. serta masih banyak prestasi ang telah ditorehkannya sewaktu hidup. Kembali ke berita duka, Djajang juga menyatakan bahwa kang Asep akan dikebumikan pada besok hari selasa tanggal 1 april 2014 di pemakaman keluarga. Semoga arwahnya diterima di sisi-Nya dan perjuangan dapat dilanjutkan oleh para pemuda Indonesia, Amiin..


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive