Upaya sederhana untuk menyelamatkan Bumi kita

Monday, March 31, 2014

kaskus on blogspot
#bcfda5




KepanjenFm.com Jika suhu panas terus meningkat, maka lapisan es di kutub akan meleleh dan Bumi akan tenggelam. Namun sebagai warga dunia, kita bisa melakukan hal-hal yang sederhana untuk menyelamatkan Bumi kita. Bagaimana caranya?

Pertama, tanam pohon di sekitar lingkungan anda. usahakan, anda punya tanaman di sekitar rumah. Entah itu bunga atau pohon-pohon berbuah. Tanaman sangat berperan penting dalam proses stabilisasi suhu.

Kedua, gunakan listrik secukupnya. Cara ini salah satu yang bisa kita lakukan, selain membuat tagihan listrik bulanan anda berkurang, mengurangi penggunaan listrik bisa menghapus beban emisi. Pasalnya, pembangkit listrik PLN menggunakan bahan bakar fosil penyumbang besar emisi.

Ketiga, kurangi penggunaan AC. Jika terpaksa, maka tutuplah ruangan ketika AC dinyalakan dan atur suhu sejuk antara 21-24 oC.

Keempat, kurangi penggunaan kertas. Kertas di ambil dari getah kayu, jika semakin banyak kertas di pakai, maka semakin banyak pula kayu yang ditebang.

Kelima, kelola sampah plastik dengan baik. Sampah plastik merupakan benda berbahaya bagi lingkungan. Selain susah di urai oleh tanah, jika dibakar plastik juga menghasilkan zat berbahaya dan bisa mencemari udara. Untuk itu, kelola sampah dengan baik. Jangan langsung di buang di tanah, kalau perlu di pilah-pilah dan langsung di daur ulang.

Keenam, kurangi asap kendaraan dengan bersepeda. Asap kendaraan adalah salah satu penyumbang terbesar rusaknya lapisan ozon. Untuk itu, ada kalanya anda mulai merubah pola hidup dengan berangkat kerja atau sekolah dengan bersepeda. Selain ramah lingkungan, juga bisa menyehatkan.

Itulah, enam cara sederhana untuk ikut menjaga bumu kita tercinta. []

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive