3 langkah memulai hidup sehat

Monday, January 27, 2014

kaskus on blogspot
KepanjenFm.com Memiliki tubuh yang sehat adalah dambaan setiap orang, untuk itu banyak yang berupaya menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi vitamin-vitamin yang mahal. Padahal, ada cara yang lebih mudah dan murah untuk memulai hidup sehat, berikut tiga langkah praktis untuk memulai hidup sehat.

Pertama, banyak-banyaklah mengkonsumsi air putih. Air putih sangat bermanfaat bagi tubuh, karena bisa membuang racun dalam tubuh kita, terutama bagi yang memiliki aktifitas fisik yang padat seperti olah raga dan sejenisnya. Kita dianjurkan untuk mengkonsumsi 2,5 liter air putih setiap harinya, apalagi setelah bangun tidur, usahakan setelah bangun tidur kita meminum air putih, agar saluran percernaan kita bersih.

Kedua, kurangi minuman-minuman yang beresiko tinggi. Misalkan minuman beralkohol atau minuman karbonasi, dua jenis minuman ini sangat susah di urai, ginjal kita akan bekerja keras untuk mengolahnya. Selain itu, minuman yang terlalu banyak gula juga tidak baik untuk tubuh. Menurut penelitian American Journal of Clinical Nutrition, 100 gram gula setara dengan tiga kaleng minuman bersoda ukuran sedang.

Selain itu, 5 jam setelah kita mengkonsumsi 100 gram gula, kemampuan sel darah putih untuk melawan kuman menurun drastis. Direkomendasikan agar mengkonsumsi minuman mengandung gula secukupnya, tidak lebih dari 100 gram sehari, dan usahakan agar lebih banyak mengkonsumsi air putih daripada gula.

Ketiga, porsi makanan seimbang. Di Indonesia, biasanya jika makan diperbanyak nasinya, padahal nasi mengandung karbohidrat yang tinggi, selain itu nasi juga mengandung glukosa yang ada dalam gula. Untuk itu, jika makan, usahakan porsinya seimbang antara nasi dan sayur, serta konsumsi buah, minimal satu jam setelah mengkonsumsi nasi. Bahkan jika perlu, perbanyak porsi sayur daripada Nasi.

Itulah tiga langkah hidup sehat, semoga bermanfaat. []

#bcfda5





SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive