Ternyata Hujan Mempunyai Aroma

Friday, January 31, 2014

kaskus on blogspot
#bcfda5








KepanjenFm.com - Mungkin hanya beberapa orang yang bisa merasakan wewangian hujan ini. Hanya orangorang yang memiliki indra penciuman tajamlah yang mampu mencium aromanya. Sebagai contohnya adalah wangi rumput yang dipotong setelah hujan memiliki aroma khas.



Lalu, apa sebenarnya yang menyebabkan hujan memiliki aroma. Aroma pada air hujan disebabkan oleh bakteri, uap minyak tanaman dan bahan kimia. Bakteri yang dapat mengeluarkan aroma ini adalah Actinomycetes. Bakteri tersebut berada di dalam tanah. ketika musim kemarau, tanah menjadi kering dan bakteri tersebut menghasilkan spora. Ketika hujan, air menetes ke tanah dan membuat spora terangkat ke atas. Ini yang akan membuat hujan memiliki aroma. Terutama setelah kemarau panjang.



Minyak uap yang dikeluarkan oleh tanaman juga akan menghasilkan aroma hujan. Air hujan yang menetes membuat uap minyak terangkat ke udara dan tercium oleh manusia. Bahan kimia merupakan penghasil aroma hujan yang kurang sedap. Contohnya adalah polusi udara yang terkena air hujan akan beraroma tidak enak. Demikian 3 hal yang bisa menyebabkan hujan mempunyai aroma khas.




SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive