Tips Sehat Dalam Memasak

Monday, January 27, 2014

kaskus on blogspot
KepanjenFm.com Ketika memasak ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan agar penyajian makanan menjadi sehat dan higienis.

1. Jangan pernah merokok di dapur, terutama saat menyiapkan atau menangani makanan

#bcfda5




2.Jaga agar permukaan meja dapur, saluran air, dinding, lantai, serta alat-alat makan dalam keadaan bersih dan kering.

3. Jauhkan binatang peliharaan dari dapur.

4. Jika sedang sakit misalnya sakit flu sebaiknya anda jangan menangani makanan.

5. Sebelum mengolah makanan lepaskan perhiasan. cuci tangan dengan air hangat dan detergen, kuku jari tangan sudah terpotong rapi.

6. Buang sampah setiap kali pekerjaan dapur selesai, cuci dan keringkan tempat sampah sebelum memasang plastik yang baru.

7.Segera buang sisa-sisa cucuian piring seperti rempah-rempah makanan, tulang ikan dll. jangan menunggu sampai banyak karena sisa makanan cepat membusuk dan bisa menyebarkan penyakit.

8.Gunakan sendok untuk mencicip masakan, jangan gunakan jari atau telapak tangan. gunakan sendok sekali saja dan jangan di ulang-ulang kecuali dicuci lebih dahulu.

9. Cuci peralatan masak dan alat-alat pemotong dengan air hangat dan deterjen. Bilas secara menyeluruh dan tiriskan sampai mengering sendiri atau gunakan lap basah.

10. Cucilah segala peralatan yang digunakan untuk menangani makanan misalnya pakaian, celemek, lap tangan serta lap untuk menangani makanan, idealnya setiap hari .

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive