Negara Yang Menggunakan Bahasa Jawa

Friday, January 31, 2014

kaskus on blogspot
#bcfda5








KepanjenFm.com - Jika Anda berpikir bahwa Bahasa Jawa merupakan bahasa yang hanya digunakan di Indonesia ( khususnya Pulau Jawa), maka Anda salah besar. Bahasa Jawa merupakan bahasa daerah yang biasanya digunakan di Pulau Jawa. Kebanyakan daerah yang menggunakan Bahasa Jawa di Indonesia diantaranya adalah Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta dan sebagian Jawa Barat. Namun ternyata ada juga beberapa negara lain yang menggunakan Bahasa Jawa. Berikut adalah negaranegara yang menggunakan Bahasa Jawa.



Republik Suriname

Republik Suriname atau Surinam merupakan salah satu negara di Amerika Serikat. Surinam adalah negara bekas jajahan Belanda. Itulah mengapa Surinam dulunya disebut Guiana Belanda atau Guyana Belanda. Surinam ternyata menggunakan Bahasa Jawa. Hal ini karena sebanyak kurang lebih 75.000 orang Jawa tinggal disana. Belanda lah yang membawa mereka kesana pada saat masa penjajahan.



Singapura

Di Singapura, terdapat sebuah tempat bernama Kampong Jawa. Kampong Jawa terletak  tepi sungai Rochor, Singapura. Tempat ini merupakan pemukiman orang Jawa. Selain Kampong Jawa, ada juga pemukiman orang Jawa yang lain, yaitu Kallang Airport Estate. Mereka merupakan penduduk yang berasal dari Jawa Tengah yang bekerja di sana sebagai buruh.



Malaysia

Beberapa orang Jawa juga mengadu nasib di Malaysia. Hingga akhirnya mereka menetap dan menjadi warga negara Malaysia. Namun mereka tetap mempertahankan bahasa maupun sedikit kebudayaan jawa. Di Negeri Selangor paling banyak komunitas orang jawa ini.



Belanda

Selama menjadi penjajah, Bangsa Belanda mengirimkan beberapa budak orang Indonesia ke Belanda. Inilah yang menjadikan adanya Bahasa Jawa di Belanda.



Indonesia

Dan yang terakhir tentunya adalah Indonesia sendiri. Sebagian besar penduduk Pulau Jawa menggunakan Bahasa Jawa.




SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Blog Archive